Penjurian Miss Indonesia 2013 Ikuti Mekanisme Miss World


http://missindonesia.co.id/ UNTUK menelurkan pemenang yang sesuai standar internasional, sistem penjurian Miss Indonesia 2013 mengikuti standar Miss World. Hal tersebut mencakup dari proses penyeleksian hingga nantinya proses penjurian selama karantina dan malam puncak.

Penyelenggaraan Miss World di Bali tahun ini membuat Indonesia bersiap menyambut ajang tersebut. Selain berbenah secara fisik untuk menyambut wakil dari berbagai negara, Miss Indonesia selaku payung yang mengirimkan utusannya mengikuti ajang tersebut juga melakukan sederet persiapan. Salah satunya yang dilakukan sejak dini yakni mencari kandidat potensial yang mengikuti standar Miss World.

Demi mencapai target tersebut, penyelenggara pun melakukan penjaringan audisi di sejumlah kota secara selektif. Tidak saja menilai secara penampilan fisk tapi juga sisi intelektual dan sosial.

“Selain wajah dan postur tubuh yang kami cari, hal lainnya adalah olahraga, karena di sana ada sistem fast track, beauty with purpose, dan social activity di Miss World dilakukan untuk mendapatkan golden ticketmenuju babak selanjutnya, dan untuk tiga tahun terakhir ini kami juga mengikuti mekanisme tersebut. Tujuannya, agar Miss Indonesia yang mengikuti ajang Miss World nanti tidak dari nol karena sudah pernah melaluinya pada saat karantina di sini,” tutur Linda C Banowati, Executive Producer dan salah satu tim juri audisi Miss Indonesia 2013 ketika berbincang dengan Okezone di RCTI, Kamis, 15 November 2012.

Diakui Linda, sangat tidak mudah menemukan kandidat terbaik dari rangkaian audisi yang digelar di 10 kota besar Indonesia. Menurutnya, menemukan sosok dengan postur tinggi di daerah masih cukup sulit. Namun saat ini, para kandidat yang memenuhi standar fisik Miss Indonesia mulai bermunculan. Hanya saja, kemampuan bahasa asing wanita di daerah masih perlu ditingkatkan.

“Sebelumnya kami yang membuat sendiri apa yang diuji nanti, kami mengikuti prosedur seperti yang di Miss World lakukan. Kalau dulu di Miss World masih menggunakaninterpreter untuk menerjemahkan bahasa yang digunakan peserta, tapi sekarang kami menerapkan ke calon Miss Indonesia untuk mampu berbahasa asing atau setidaknya kemampuan dasar bahasa asing,” tutupnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s